Kenapa?

Kenapa langit berwarna Biru?

http://dkenapa.blogspot.com/2014/07/kenapa-langit-berwarna-biru.html

Warna biru terlihat indah dilangit di siang hari sewaktu sinar matahari menyinari permukaan bumi yang terlihat contohnya kelereng biru apabila dipandang pada luar angkasa.

Waktu malam mendekati juga, sewaktu sinar bln menyinari permukaan bumi, warna langit itupun tampak terlihat contohnya warna langit di siang hari yakni warna biru.

Suatu pertanyaan tampak, kenapa warna langit itu biru? Apakah terwujud pada pantulan warna samudera di semua permukaan bumi ataukah warna biru itu adalah warna yang tampak disebabkan sinar matahari?

Gelombang Cahaya

Gelombang sinar yang terlihat adalah misal pada satu diantara gelombang elektromagnetik.

Sinar yang terlihat serta bersumber pada matahari sejatinya tidaklah gelombang sinar yang terdiri cuma pada satu gelombang warna cuma.

Sinar matahari terdiri pada penuh gelombang ketika himpunan sinar, tetapi bila sinar menyatu maka yang terlihat cuma berwarna putih jelas contohnya sinar matahari itu.

Sir Isaac Newton untuk pertama kalinya menguji cobalah seberkas sinar terlihat yang berawal pada matahari ditinggalkan di suatu prisma kaca.

Akhirnya seberkas sinar matahari melalui prisma serta terbias melebar, kemudian sebagian warna tampak disebabkan hamburan sinar pada prisma itu.

Nyatanya sinar bisa terhambur (spectrum) sama prisma kaca serta menunjukkan bahwasanya sinar putih nyatanya terdiri pada sebagian jenis warna contohnya ungu, biru, hijau, kuning, orange serta merah.

Urutan sinar bergantung pada besar kecilnya gelombang itu, umumnya bakal berurutan pada merah, oranye (jingga), kuning, hijau, biru, nila (indigo) serta ungu maupun ketika pelajaran sekolah dahulu, kerap disingkat supaya gampang diingat, jadi : MEJIKU-HIBINIU.

Kenapa langit berwarna Biru?
Di bawah warna merah, warna itu berangkat tidak tampak sama mata manusia serta dikatakan sebagai sinar yang “lebih rendah pada warna merah” maupun Infra Merah (Infra Red).

Serta di atas warna ungu pula sekian, warna itu berangkat tidak tampak sama mata manusia serta dikatakan sebagai sinar “lebih tinggi pada warna ungu” maupun Ultra Ungu (Ultra Violet)

Saat Sinar Matahari Bertemu Atmosfir

Merujuk di langit sebagai biru disebabkan sinar matahari, maka sebelum saat sinar matahari menjangkau permukaan bumi, tindak pertama yang perlu dilewati sama sinar matahari itu yaitu melalui susunan hawa tidak kasat mata maupun yang populer dgn arti Atmosfer.

Di luar angkasa, sinar matahari yang di awalannya tak berhubungan dgn media apa pun waktu masuk atmosfer berangkat berhubungan dgn molekul molekul hawa yang bisa menyebabkannya terhambur ke semua arah.

Kenapa langit berwarna Biru?

Hamburan ini populer dgn arti hamburan Rayleigh. Hamburan Rayleigh adalah hamburan elastis gelombang elektromagnetik (terhitung sinar) yang dikarenakan waktu seberkas sinar melalui partikel di mana panjang gelombang sinar kian panjang pada di panjang gelombang partikel yang dilewatinya.

Di sebenarnya, waktu matahari melalui susunan hawa maupun atmosfer, panjang molekul-molekul hawa seribu kali kian kecil pada di panjang gelombang sinar matahari itu sendiri.

Hingga hal semacam ini mengakibatkan sinar matahari terhambur jadi sebagian jenis gelombang warna contohnya ungu, biru, hijau, kuning, orange serta merah.

Warna Biru Yaitu Hamburan Spektrum Warna Terkuat

Hamburan warna biru adalah hamburan warna terkuat maupun sekurang-kurangnya empat kali kian kuat dari pada hamburan beberapa warna yang lain. Langit yang terlihat biru tidak lain adalah hasil pada hamburan gelombang sinar matahari yang didominasi sama hamburan gelombang sinar warna biru.

Warna langit biru yang didominasi sama hamburan warna biru pada sinar matahari. Sejatinya langit tidaklah mempunyai warna, serta warna yang terwujud adalah warna yang berlangsung disebabkan hamburan pada sinar matahari.

Waktu malam juga pula sekian. Warna biru yang tampak waktu bln. purnama maupun waktu bln. menyinari bumi yaitu untuk disebabkan pada terhamburnya sinar matahari sama molekul hawa yang lalu warna langit didominasi sama warna biru. (sumber: Eko Hadi G / KafeAstronomi / atoptics.co.uk / allposters.com.au / wallcoo.net)

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 Kenapa? Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved